Indonesian Gaming News

Tuesday, May 30, 2006

Review : Shadow of the Colossus (PS2)

Bagaimana rasanya jika anda menjadi tikus dan ditugaskan merobohkan 16 ekor gajah? Anda cuma diberi modal tusuk gigi sakti, penembak paku dan kucing tunggangan (lha?). Itulah gambaran singkat dari Shadow of the Colossus.

Dari segi permainan, tugas anda hanya satu jenis. Merobohkan gajah err... 16 buah Colossus yang menghalangi ambisi anda untuk membangkitkan seseorang yang sangat penting bagi anda. Dari ke-16 halangan tersebut, masing - masing memiliki cara yang berbeda untuk dilewati. Dan di sinilah keunikan dan kenikmatan memainkan game ini. Begitu anda mengetahui bagaimana caranya dan berhasil, dijamin anda akan merasakan kepuasan tersendiri (jangan pake guide!:P)

Lawan yang seimbang kan?

Grafis game ini sangat menawan. Jarak pandang sangat jauh mendekati tak terhingga, namun tidak terlalu detail. Panorama jarak jauh di-render dengan separuh resolusi sehingga terlihat pecah - pecah namun kualitasnya cukup baik. Detail Colossus juga sangat bagus dan bervariasi. Mulai dari seukuran SUV sampai gedung tingkat 18. Anda bisa merasakan betapa kecilnya anda di hadapan mereka. Map dalam game ini sangat luas dan tidak memiliki loading karena seluruh map akan di-load secara dinamis pada saat anda bergerak. Efeknya tentu ke lensa PS2 anda yang akan kerja ekstra keras untuk menarik data.

Musik dalam game ini cukup mendukung. Terutama pada saat anda melawan Colossus. Tempo dan irama akan mengikuti situasi yang anda hadapi. Foreplay, intercourse, sampai klimaks penentuan... diisi dengan musik yang cukup mendukung dengan gaya orkestra.

Grafis yang detail ternyata juga menuntut pengorbanan yang cukup banyak. Pada saat - saat rusuh anda akan sering mengalami slowdown dan gerakan karakter menjadi putus - putus akibat fps yang drop. Hal ini akan sering anda temui namun masih dalam batas bisa dimainkan. Pengendalian kamera juga sering menimbulkan masalah. Terutama pada tempat - tempat yang sempit dan pada saat kejar - kejaran dengan Colossus. Selain itu anda tidak akan menemukan musuh lain selain Colossus, meskipun daerah yang tersedia sangat luas.

Andai saja game ini dibuat untuk console yang lebih kuat seperti XBox / Gamecube, pasti akan lebih bagus. Namun karena game ini dibuat oleh Sony, sepertinya hal tersebut tidak mungkin terjadi. Bagaimanapun juga Shadow of the Colossus tetap patut untuk dimainkan, di console manapun.

Score : 8.5/10

2 Comments:

Post a Comment

<< Home